Senin, 18 Juni 2012

Buat Widget Google Plus (Google+) di Blog/Web (Add To Circles Widget)

google plus (g+) widget
 
      Google Plus menjadi social media yg keberadaannya semakin diperhitungkan, meskipun sampai saat ini bisa dibilang kekuatan Google+ masih kembang kempis dibandingkan Facebook yg tidak mau kalah dengan menghadirkan banyak inovasi dan fitur baru untuk memikat user. Namun, cara bagi kita, para Blogger, untuk lebih menguasai dunia maya & social media adalah dengan melebarkan sayap dalam bentuk apapun dan tidak terpatok pada satu atau dua lingkup social media saja. Bagi sobat yg memiliki blog, sangatlah penting untuk masuk ke social media manapun untuk memperluas jaringan.

Jika selama ini masih menggunakan Facebook dan Twitter saja, cobalah buat akun profil Google+ dan perluas jaringan sobat. Nah, seperti halnya Facebook dan Twitter, sobat pun bisa menambahkan dan menggunakan widget Google+ untuk menambah followers atau friends (dalam bahasa Google Plus: circles). Apalagi, dengan adanya pertambahan jumlah follower di dalam circles, kita bisa semakin memperluas sharing Google +1, yg nyata-nyata kini telah berpengaruh dalam SEO. Saya sendiri pun baru saja mencoba Google Plus. Meskipun anggota dalam circles saya baru sedikit, namun saya dapat merasakan sharing hal-hal penting menjadi lebih luas jangkauannya.

Cara Membuat & Memasang Google Plus Widget di Blog/Website

Widget Google+ sudah tersedia dalam bentuk dan kostumisasi maksimal sehingga tidak perlu lagi melakukan hack:
1. Buka / masuk ke situs Google Plus Widget. Klik di sini.
2. Klik tombol "Get Widget"
3. Lihat pada tab-tab yg muncul di bawahnya. Isikan dengan data Google Plus (id). Id Google+ dapat diambil pada halaman profil Google Plus. Klik button profile pada tab-tab pada navigasi atas Google+.
4. Ambil / copy id Google+ yg tertera di address bar browser.
5. Kemudian paste / masukkan id tersebut ke dalam form Google+ ID.
Pada tab-tab di bagian tersebut, set tampilan widget sesuai selera atau sesuai tampilan desain blog. Masukkan ukuran lebar, sesuaikan dengan lebar sidebar. Tampilan juga bisa diatur sesuai warna yg diinginkan. Ada fitur untuk melihat dan menyesuaikan warna ketika klik pada kolom kode warna. Namun jika ingin mengetahui kode warna yg tepat sehingga warna yg muncul sesuai keinginan, cek melalui Hex Color Code Generator. Set juga judul header, font, background. bahasa dan lain sebagainya. Lihat perubahan pada preview di pojok kanan atas. Semua lengkap ada disana sehingga kita tidak perlu lagi memasukkan kode secara manual.

6. Setelah setting selesai, klik "Get Code".
7. Copy kode / script yg muncul di bawahnya.
8. Untuk menambahkan widget ke Blogger, masuk ke Design > Add a Gadget (Tambahkan Gadget), pilih HTML/Javascript. Masukkan kode kedalamnya. Lalu save.
undefined
10. Geser / drag gadget ke posisi yg diinginkan apabila belum sesuai. Save lagi.
Done!
Oh ya, Jangan lupa "add me to your circles" yah. Klik "add to circles" pada widget di bawah. Masih new and mempelajari nih :- ) Nanti kalo punya sobat Blogger udah berhasil atau kalo ada problem, silahkan share di comment. Saya akan add to my circle dan berusaha bantu jika ada problem.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ans!!